About Mi-17 V5

Mi-17-V5 combat helicopter

Mi-17 adalah versi ekspor dari helikopter Mi-8 yang saat ini kedua-duanya masih diproduksi di Kazan, Tatarstan, Rusia. Untuk heli Mi-17 sekarang ini yang paling baru adalah model Mi-17 (V5)…varian 5. Helikopter Mi-17 ini diproduksi pertama kali pada tahun 1982 dan sampai sekarang sekitar 80 negara di dunia menggunakan helikopter jenis ini.

Helikopter Mi-17 merupakan jenis medium weight yang dapat digunkan sebagai helikopter transport multi purpose. Sampai saat ini Pabrik Helikopter di Kazan telah memproduksi sekitar 11 ribu helikopter jenis ini. Ada 3 versi helikopter jenis Mi-17 yaitu Mi-172 sebagai versi penumpang, dengan jumlah penumpang 26 orang biasanya digunakan untuk angkut VIP. Mi-17-1V adalah multi purpose helikopter dengan modifikasi dasar. Dan Mi-17-V5 sebagai versi transport, dapat digunakan multifungsi misalnya angkut personel sampai dengan 36 orang, sling operation, fire fighting (pemadam kebakaran), SAR (Search And Rescue) dan medical helicopter.

Data Teknis

Weights
Maximum takeoff gross weight 13000 kg
Maximum internal load 4000 kg
Maximum load on the sling 4500 kg
Performance
Level flight maximum speed 300 km / h
Cruise speed 230 km / h
Range with 5% fuel reserve 715 km
Service ceiling 6000 m
Hover ceiling out of ground effect 3980 m
Powerplant (2 X TV3-117 VM)
Emergency rating 2 x 2200 hp
Takeoff rating 2 x 2000 hp
Dimensions
Overall length 25.31 m
Overall height 5.54 m
Main rotor diameter 21.29 m
Cargo compartment specifications
Length 5.34 m
Width 2.34 m
Height 1.8 m
Volume 23 m3
Carrying capacity 36 persons

taken from http://www.kazanhelicopters.com/index.php?id=4

Operasional

Helikopter Mi-17-V5 ini dioperasikan minimal 3 orang, Captain Pilot, Copilot dan Flight Engineer. Kapten pilot berada di sebelah kiri, copilot dikanan dan Flight engineer di tengah kokpit. Secara umum seluruh pelaksanaan teknis terbang dilaksanakan oleh pilot, flight engineer mempunyai tugas tersendiri membantu pilot dalam membaca instrumen dan menentukan keadaan emergency yang dihadapi berdasarkan pembacaan instrumen serta melaksanakan prosedur sesuai perintah kapten pilot.

Kapten pilot bertanggung jawab atas semua pelaksanaan tugas terbang, mulai dari persiapan pesawat sampai dengan pelaksanaan tugas dan pelaporan.

Copilot bertugas membantu tugas kapten pilot dalam bernavigasi serta cockpit prosedur termasuk operasional radio dan beberapa instrumen, misalnya memasukkan data FDR(Flight Data Recorder), mengoperasikan Doppler sistem, menghitung jumlah fuel dan melaksanakan navigasi udara.

Flight engineer bertugas mempersiapkan helikopter, melaksanakan start engine dan memonitor instrumen serta membentu tugas kapten pilot. Melaksanakan semua tugas yang diperintahkan kapten pilot.

Untuk 3 awak pesawat yang disebutkan diatas merupakan personel minimal awak pesawat ini. Dapat juga dibantu oleh awak pesawat yang lain, antara lain: Spesialis Airframe, spesialis engine, spesialis radio dan spesialis elektrik sistem. Apabila dilengkapi dengan senjata dibantu oleh spesial senjata. Seluruh awak pesawat mempunyai tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya (spesialisasi). Semua tugas masing-masing awak pesawat merupakan tanggung jawab Kapten Pilot.

Manuver

Manuver helikopter Mi-17-V5 terdiri dari manuver normal dan combat manuver. Seluruh manuver normal telah tertuang dalam flight manual, sedangkan combat manuver dipelajari lebih lanjut dalam pendidikan combat maneuver training flight.

Helikopter Mi-17-V5 ini mampu membawa load yang banyak sehingga sangat cocok untuk heli transport, terutama untuk angkut personel dan barang. Personel mampu dibawa sebanyak 36 orang dengan asumsi masing-masing bertanya 100 kg. Termasuk load baik dalam maupun luar(sling) mampu mengangkut sekitar 4 ton (lihat data teknis). Hal ini karena karakteristik pesawat serta engine yang digunakan.

Helikopter ini juga dapat dipersenjatai baik dengan door gun maupun roket serta senapan mesin. Sehingga dapat digunakan juga dalam combat operation, untuk menghancurkan musuh.

Karena bentuknya yang relatif besar, untuk tempat pendaratan helikopter ini membutuhkan tempat yang lebar minimal 60×60 m. Sehingga apabila operasi militer di hutan-hutan akan sulit untuk mempersiapkan helipad bagi helikopter ini. Selain itu karena bentuk yang besar ini akan memudahkan musuh dalam melihat serta menjadikan sasaran tembak. Tetapi dalam hal ini helikopter telah dilengkapi dengan armor steel serta flare (untuk mengelabuhi roket musuh), serta alat menurunkan panas yang dihasilkan exhaust engine.

Demikian penjelasan singkat mengenai helikopter Mi-17-V5, semoga bisa bermanfaat.

20 Responses to About Mi-17 V5

  1. Komang Adi says:

    Wah wah wah, detail sekali Pak.
    Saya jadi pingin menjadi salah satu dari 36 personel yang bisa terangkit. Tenang pak berat saya nggak lebih dari 100Kg Kok.🙂
    Great info

  2. Yudha says:

    Mas,

    Sekali2 cerita2 ttg kekurangannya yah :d
    Maaf, bukan mau menjatuhkan loh .. tapi sebagai bahan evaluasi kita bersama sajah🙂

  3. Dsofandi says:

    Dear mas Sundoro… ijin copy-paste artikelnya yah!? Thanks alot

  4. kang cahyo says:

    What a great copter…🙂

  5. gusti27 says:

    salut dah ada rekan Darat yang nge-blog ! semoga base99 makin besar didukung oleh pengawak yang melek iptek. Salam dari bajak laut 99, sukses selalu !

  6. sundoroagung says:

    Assalamu alaikum
    Trima ksh atas seluruh komentarnya..Smua bisa memberikan masukan dan evaluasi.Termasuk untuk menuliskan kekurangan2nya.Insya’ Alloh saya tulis lbh lanjut. Buat mas sofandi dan teman2 lain yang ingin copy artikel saya persilakan,cuma jangan menjadi plagiator. Tolong tuliskan sumbernya..Mari kita mulai menghargai karya orang lain.
    Untuk update,saya masih kesulitan karena keterbatasan yang ada.
    Wassalam.

  7. flogger says:

    mas sudoro tulisanya sangat memberikan pencerahan ^_^ mas kl bisa tulis juga tentang kedatangan ,perakitan dan operasional nya mi-17v5 nya penerbad yah hehehe..tq

  8. Santun says:

    mas agung boleh anda tampilkan heli Mi-17 secara utuh, trus apakah ini pengadaan kontrak yg dulu bermasalah atau pengadaan kontrak th 2007 lalu antara SBY bersama Putin
    Terus kenapa pendaratnya ada di Surabaya bukan di halim?
    atau heli itu sebagian akan jd milik TNI AL yg dulu pernah tertunda

  9. mario says:

    Helikopter ini juga dapat dipersenjatai baik dengan door gun maupun roket serta senapan mesin. Sehingga dapat digunakan juga dalam combat operation, untuk menghancurkan musuh.
    —>
    nice…. sistem senjatanya berarti juga mirip² dengan Mi-35P punya kita juga dong ya mas?

    apa Mi-17-V-5 yang kita beli ini juga lengkap dengan sistem senjata (rocket pod, door gun pod…kan nggak mungkin pakai door gun-pod yang sama dengan Bell-412 doong…heheheeh)?

  10. sundoroagung says:

    Assalamualaikum, untuk foto helikopter insya’ Alloh akan saya upload.Sekarang masih dalam proses penulisan tentang mi-35P dan tentu saja kesatuan saya yang mengoperasionalkan heli-heli ini.Sistem senjata semua lengkap dan siap pakai.
    Wassalam

  11. hatrira says:

    wahh…benar2..guedhe…tenan..to.. kaya bus mini az yaa bisa nampung 36 orang…ga rugi punya heli MI 17 V5 itu..hhehehe..

  12. agung says:

    sistem senjata mi 17 indonesia yg baru tiba kata anda&sudah siap pakai,namun dari data yg saya dapatkan menurutnya semua sistem tersebut tidak tersedia dalam paket pembelian yg dilakukan oleh indonesia pada saat heli tersebut diserahterimakan pd penerbad
    jd jika bnr bgt 1fungsi helikopter mi 17 v5 yg kita beli tersebut yaitu sbg ground support helicopter

  13. agung says:

    alusista yang dibeli oleh indonesia, saya sangat setuju sekali bila berasal dari rusia. karena kalo kita terlalu bergantung kepada amerika, mereka seperti semaunya saja memberikan sistem alusista yang hanya sub standart dan tidak cocok jika dikatakan sebagai alat perang standart.

  14. Benny Antares says:

    Salut atas web ini, jarang – jarang anggota TNI yang mau menulis soal senjata yang digunakan. Kami jadi sedikit mengerti dari apa yang dibeli dari “uang kami”. Terima kasih , Rwat yang baik yah!

  15. sundoroagung says:

    Insya Alloh kita rawat sampai masa pakainya habis…Alutsista kita tidak kalah sama negara2 maju kok mas. Bisa kita banggakan.

  16. Benny Antares says:

    OK mas , Kapan – kapan cerita pengalaman Operasi yah………….biasanya tuh seru ceritanya……….

    Kalau nggak salah di India kemarin Heli jenis ini juga dipakai buat Operasi Pasukan Khusus India dalam rangka penanggulangan teror di Mumbai yah…………..

  17. koncling says:

    mau nanya nih…..jenis helikopter/pesawat yg sekarang ini masih digunakan ama Penerbad…trus Penerbad ini apakah pendidikannya sama dengan Penerbal..?

    oh ya kunjungi Forum Militer di kaskus dong…..lumayan sbg anggota TNI bisa ngasih informasi gratisan😛

  18. ADHI says:

    MAU… LIHAT DATANG AJA KE TNI AD TGL 6-7-8 NOV 09….. PAMERAN DIRGANTARA

  19. Doni says:

    Apakah TNI akan menembah helikopter tempurnya misalnya Mi-35, Mi-17 ?

    Seandainya kita punya 7 Sukradon Heli tmpur Mi-35, 7 Sukradon Mi-17 wah bakalan kuat nih. Apalagi kalo ada di kapal induk khusus heli tempur pasti hebat lah. Mau ada tambahan ngga buat sukradon heli tempurnya ????….siapa yang mau jawab. tolng donk jawab aku tunggu.

  20. Sheikh says:

    Salam Bpk.Bisa saya dapatkan e-mail address bpk? Teima kasih in advance.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s