VARIAN HELIKOPTER MI-24/MI-35


Setelah sekian lama tidak menulis, dan banyaknya keinginan untuk mengetahui Helikopter jenis Mi-35 atau aslinya bernama Mi-24, akhirnya saya bisa sedikit memberikan penjelasan tentang varian Helikopter jenis ini.

Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) memiliki alutsista berupa helicopter produksi Rusia, yaitu Helikopter Mi-17 V 5 dan Helikopter Mi-35P. Kedua jenis heli tersebut merupakan varian dari mi-8 untuk Mi-17 dan Mi-24 untuk Mi-35. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan sedikit tentang varian dari helicopter Mi-24/Mi-35, yang disebut oleh NATO dengan nama Hind. Berikut ini adalah helicopter jenis Mi-24/Mi-35 yang merupakan helicopter untuk tugas umum (general battlefield duties):

1.       V-24 (mi-24) Hind-B attack helicopter prototypes (izdeliye 240)

Proyek pembangunan Mi-24 dimulai setelah ada kerjasama antara Komite Pusat Partai Komunis dan Dewan Menteri Rusia pada tanggal 6 Mei 1968. Program Mi-24 mengalami kemajuan dibawah supervise Desainer Utama Mikhail L. Mil (berhasil setelah kematiannya pada th 1970 oleh Marat Nikolayevich Tischchenko). Desain utamanya dipimpin oleh pimpinan tehnik proyek V.A. Kuznetsov, deputinya Tischchenko. Tim tersebut termasuk program test flight (V.M. Olshevet, V.D. Zernov dan B.V. Smyslov). Prototipe pertama terbuat pada Juni 1969. Keputusan Mil meminjam komponen dinamis dari heli Mi-8 Hip-B/C transport helicopter dan Mi-14 Haze-A anti kapal selam warfare helicopter, yang saat juga sedang diuji coba. (Bersamaan dengan proyek Bell Helicopter Model 209 (AH-1 Huey Cobra) dari Bell 205 (UH-1H). Engine pertama menggunakan TV2-117A yang dipakai Mi-8, keputusan tsb salah karena kemampuannya kurang, sehingga digunakan engine TV3-117 yang digunakan pada heli Mi-14. Heli ini membawa FFAR pod dan bomb, termasuk ATGM (Anti Tank Guided Missile) launcher. Crewnya tandem, pilot berada di belakang WSO (Weapon System Operator). Penumpang di cabin berjumlah 8 troopers yang dapat menembak dari jendela cabin dengan Kalashnikov AKM (varian AK-47). ATGM-nya berjenis Falanga-M/AT-2 Swatter. Fuselage depan dilengkapi dengan 12,7 mm senapan otomatis yang dapat ditembakkan oleh pilot dengan gunsight.

2.       Mi-24A Hind-A attack helicopter (izdeliye 240)

Sama seperti versi sebelumnya, perubahan terletak pada bentuk hidung yang lebih panjang dan lebih aerodinamis untuk mengakomodasi Raduga-F sebagai tempat SACLOS ( semi automatic command line-of-sight) guidance system untuk ATGM. Pintu model mobil dan kaca dibuat menjadi bubble (cembung) agar pilot bisa melihat kebawah. Flight control juga diubah untuk WSO (cyclic, collective dan pedal) sehingga pilot dapat mterbang ke home base saat mereka tidak bisa terbang. Diproduksi pada tahun 1970-an di Arsen’yev factory. Terjadi perubahan pada tail rotor dari pusher ke puller system, hal ini menambah efektifitas tail rotor. Lebih dari 240 helikopter jenis ini diproduksi hingga awal tahun 1975.

3.       Mi-24U Hind-C trainer (izdeliye 244)

Helikopter ini merupakan heli latih, terdapat beberapa perubahan khususnya di hidung pesawat, tidak dipasang A-12,7 senapan mesin. Instruktur duduknya di cockpit depan (WSO).

4.       Mi-24B Hind-A development aircraft (izdeliye 241)

Terdapat peningkatan system senjata pada helicopter ini. Dipasang senapan mesin 12,7 mm Yakooshev /Borzov YakB-12.7 menggunakan sight system yang akan menyesuaikan dengan gerakan helicopter. Manuaaly guided 9M17M Falanga-M pada Mi-24A diupgrade menjadi 9M17P Falanga-P (semi automatic guidance). Targeting menggunakan Low-light-level-television dan FLIR (forward looking infrared).

5.       Mi-24D/Mi-25 Hind-D attack helicopter (izdeliye 246)

Perubahan yang signifikan adalah bagian depan helicopter, tempat duduk dipisahkan antara Pilot dan WSO menjadi depan-belakang. Cockpit menjadi lebih runcing dengan dilengkapi kaca anti peluru serta bentuk cembung dibagian atas. Produksi pada tahun 1973 di Progress Aircraft Factory dan Rostov Helicopter Factory. Versi ekspornya dikurangi dalam hal avionic (downgrade) untuk menyuplai negara-negara pakta warsawa dengan versi Mi-25.

6.       Mi-24DU/Mi-25DU Hind-D trainer (izdeliye 249)

Merupakan versi latih, diproduksi pada tahun 1980. Hidungnya lebih halus daripada versi sebelumnya, termasuk perlengkapan launcher di wingtipnya untuk Falanga-PV. Versi ekspornya adalah Mi-25U.

7.       Mi-24V/Mi-35 Hind-E attack helicopter (izdeliye 242).

Menggunakan system senjata baru 9K113 dari system 9M114 Shtroom-V (AT-6 Spiral) supersonic ATGM. Missile ini lebih cepat dan akurat daripada swatter. Engine juga diupgrade menjadi TV3-117V dengan 2.225 shp. V=vysotnyy-for hight altitude dan ASP-17V automatic gunsight untuk pilot. Raduga-F LLLTV/FLIR diubah kedudukannya agak kebelakang dan alat komunikasi baru dipasang. Mulai diproduksi pada tahun 1976 dan hamper 1500 heli dibuat di Arsen’yev dan Rostov sampai tahun 1986. Versi ekpornya adalah Mi-35.

8.       Mi-24V trainer version.

Sama dengan versi Mi-24DU, yang membedakan adalah system senjata untuk 9M114 Shtroom ATGM. Versi ini disuplai ke negara India, sedangkan soviet sendiri tidak pernah memproduksi Mi-24VU untuk Angkatan Daratnya.

9.       Mi-24P/Mi-35P Hind-F attack helicopter (izdeliye 243)

Para Mil engineer  tidak begitu suka dengan senapan otomatis dibandingkan dengan canon. Mereka membuat desain Mi-24P. P=pushechnyy-Canon armed.  Sama dengan versi sebelumnya hanya menggantikan senapan mesin dengan senjata Canon 30mm. Produksi dimulai pada tahun 1981, lebih dari 635 heli sudah dibuat hingga akhir tahun 1989. Versi  ekspornya disebut Mi-35P.

10.   Mi-24VP Hind-E Mod attack helicopter (izdaliye 258)

Heli versi ini sama dengan versi sebelumnya, hanya dilengkapi dengan non-detachable moveable cannon installation, yaitu NPPU-24 dengan mountingnya GSh-23L. Dengan demikian Mi-24 akhirnya menggunakan persenjataan sesuai dengan harapan Mikhail L. Mil pertama kali. Pada tahun 1989 mulai diproduksi, namun saying hanya 25 unit saja karena canon yang baru dipasang terbukti tidak nyaman. Akhirnya gun pod tsb diganti dengan UPK-23-250. Roket FFAR termasuk illumination flare untuk operasi malam hari, KMGU sejenis bomb serta vertical bomb hingga 500kg. Heli ini juga dilengkapi dengan AAM launcher (Air-to-air missile).

Produksi berikutnya merupakan helicopter untuk tugas khusus. Sedangkan helicopter diatas merupakan helicopter untuk tugas secara umum.

Source: Mil Mi-24 Hind Attack helicopter, Yefin Gordon & Dmitriy Komissarov, 2001

About sundoroagung

nothing
This entry was posted in Army Aviation. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s