Tim Heli Mi 17 V5 Penerbad


 Fungsi penerbangan dalam organisasi TNI Angkatan Darat merupakan tugas dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat. Dalam rangka pelaksanaan tugas penerbangan tersebut, kekuatan Puspenerbad juga mulai ditingkatkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan akan fungsi penerbangan bagi Angkatan Darat pada khususnya, TNI pada umumnya. Oleh karena secara bertahap pengembangan kekuatan Penerbad mulai dilaksanakan. Dimulai dengan pembangunan satuan-satuan penerbad serta pengadaan alutsista guna mendukung tugas pokok penerbad.

  Salah satu pengadaan alutsista adalah pembelian Helikopter Mi-17 dari Rusia. Setelah mengalami jalan yang panjang, akhirnya pengadaan helikopter dari Rusia dapat terealisasi. Rembelian heli ini untuk melengkapi Skadron serbu Penerbad.

  Tim pelatihan heli Mi-17 Penerbad tahun 2008 ini sudah disiapkan sebelumnya. Sehingga Tim ini mendapatkan pembekalan bahasa Rusia selama lebih kurang 2 bulan di Pusat Pendidikan Bahasa Badiklat Dephan.  Meskipun cuma sebentar dalam menerima pembekalan bahasa, namun bekal tersebut memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh personel Tim.  Tim ini dibagi dalam beberapa kelompok spesialisasi. Untuk perwira dengan pangkat kapten merupakan Pilot, Instruktur adalah Kapten Ronny S, Test Pilot adalah Kapten Charles. Perwira lainnya  sebagai Flight Engineer.

  Pelaksanaan Training di Rusia dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama Pilot dan FLight Engineer berangkat mendahului pada tanggal 1 Maret 2008. Kelompok kedua adalah spesialis Radio dan elektrik. Mereka berangkat tanggal 12 Maret 2008. Tim yang ketiga adalah spesialis engine  dan spesialis Airframe  berangkat tanggal 4 April 2008.

 Sistem Pendidikan

Berbeda dengan cerita Tim Penerbad yang melaksanakan pelatihan sebelumnya yaitu di kota Torzhok, Tim kami melaksanakan pendidikan di Factorinya yaitu di kota Kazan, Tatarstan, Rusia. Sistem pendidikan yang diberlakukan kepada kami juga tidak terlalu formal. Tidak ada Reopsdik(Rencana Operasional Pendidikan) sesuai yang kita harapkan (bentuk buku seperti di pusdik-pusdik TNI). Tim Penerbad ini berlatih dibawah Dept Training. Mereka melaksanakan pendidikan sesuai dengan apa yang tertulis dalam kontrak pembelian helikopter Mi-17 V5. Tanpa menambah dan mengurangi materi serta jam pelajaran, termasuk praktek lapangan dan jam terbang. Semua bentuk kegiatan diatur oleh Dept Training, dalam satu minggu efektif belajar adalah 5 hari, 2 hari libur dengan jam pelajaran mulai pkl 09.00 s.d 12.00 dilanjutkan kembali pkl 13.00 s.d 16.20 selama kegiatan pelajaran teori. Pada saat praktek menyesuaikan dengan jam terbang target setiap pilot.

Fasilitas pendidikan, sangat memadai dengan ruang kelas yang dilengkapi dengan alat bantu instruksional serta tenaga pendidik yang sangat profesional (sangat menguasai materi) dan yang tidak kalah penting adalah Interpreter yang sangat handal dan berpengalaman, membuat kami bisa memahami semua materi yang diberikan. Segala keingintahuan tentang pesawat baru ini membuat kami terkenal sebagai Siswa yang paling aktif dikelas selama pelaksanaan Training di sini.

  Materi Pelajaran

Dengan mata pelajaran yang sangat sederhana dan simpel, memudahkan dalam penerimaan materi pelajaran. Mata pelajaran yang diberikan terangkum dalam “Training Manual for Flying Staff” meliputi :

  1. Helicopter and It’s System
  2. Engine TV3-117VM and APU AI-9V
  3. Electrical Equipment
  4. Instrumentation
  5. Radio electronic equipment
  6. Aerodynamics
  7. Standart Documents
  8. Flight Safety
  9. Aviation meteorology

Materi pelajaran dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek.

 Teori.      Pelajaran teori dilaksanakan di kelas dan workshop pabrik. Pelaksanaan pelajaran sesuai dengan kelompok masing-masing. Pilot bersama dengan flight engineer, spesialis airframe, spesialis engine, spesialis radio dan spesialis elektrik. Tiap kelompok diajar oleh masing-masing instruktur sesuai dengan mata pelajarannya. Pengaturan jadwal pelajaran adalah sistem blok, setiap mata pelajaran diselesaikan satu persatu, setelah selesai semua pelajaran teori dilanjutkan dengan praktek di lapangan.

 Praktek.      Pelajaran praktek dilaksanakan di lapangan. Siswa melaksanakan praktek di helikopter yang ada di Aerodrom yang terletak di dalam Factory (pabrik). Pada saat pelajaran praktek ini, helikopter kita sedang dalam tahap perakitan, sehingga para spesialis baik itu airframe, radio, engine maupun elektrik dapat langsung melaksanakan praktek pada pesawat tersebut (tergantung pada tahap pengerjaan apa helikopter tersebut). Sedangkan kelompok pilot dan flight engineer melaksanakan praktek dengan materi preflight ceck dan cockpit prosedur dilanjutkan dengan latihan terbang.

Flight training

  Pelaksanaan latihan terbang bagi pilot dan flight engineer dibagi dalam 2 kelompok, dengan tiap kelompok masing-masing diajar oleh 1 orang instruktur pilot, yaitu Mr Arkaji dan Mr Nikolai serta 1 orang instruktur flight engineer. Untuk intruktur flight engineer bergantian, tergantung ada atau tidaknya tugas bagi mereka. Instrukturnya adalah Mr Andre, Mr Farid dan Mr edward. Tanpa didampingi interpreter pilot harus berusaha memahami perintah dan petunjuk instruktur yang rata-rata tidak bisa berbahasa inggris. Tetapi kondisi ini agak terbantu dengan adanya instruktur bagi flight engineer yang rata-rata bisa berbahasa inggris. Untuk tehnis terbang tidak penulis tuangkan di sini, lihat “About Mi-17 V5”.

Kelulusan (Graduation)

Departemen Training mempunyai tradisi khusus dalam melaksanakan kelulusan bagi siswanya, seluruh siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di sini dibawa semua ke Museum Helikopter Kazan (terletak dalam kompleks pabrik). Di museum ini dijelaskan mengenai sejarah Pabrik Helikopter Kazan, mulai dari awal berdiri sampai dengan pembuatan helikopter yang terakhir. Setelah dijelaskan sejarah pabrik dilanjutkan dengan pemberian Ijazah (sertificate) bagi seluruh siswa yang dilaksanakan oleh Chief of Dept Training. Pada saat inilah siswa diperkenankan untuk berfoto di dalam Pabrik, karena memang ada aturan dilarang berfoto (membawa kamera) di dalam pabrik.

  Домой ( Home sweet home )

Pelaksanaan pulang ke negara tercinta dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan lama pendidikannya. Spesialis radio dan elektrik pulang pada tanggal 4 Mei 2008, spesialis engine dan airframe pada tanggal 1 Juni 2008 sedangkan pilot da flight engineer pada tanggal 4 Juni 2008. Alhamdulilah perjalanan serta pelaksanaan pendidikan (pelatihan) sebagai crew Mi-17 V5 dapat berjalan dengan lancar tidak ada hambatan dan rintangan yang berarti. Kami sebagai duta bangsa yang diberi kesempatan untuk melaksanakan pelatihan di Rusia merasakan belum puas dengan ilmu yang kami dapatkan, sehingga kami akan berusaha terus guna memperdalam ilmu yang telah diterima. Selain itu juga faktor bahasa sangat menentukan dalam keberhasilan pelatihan kami, dengan bekal sedikit bahasa Rusia namun manfaatnya sangatlah besar. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan pelatihan ini. Semoga ilmu yang kami dapatkan dapat bermanfaat bagi bangsa, negara dan dunia.

About sundoroagung

nothing
This entry was posted in Aviation. Bookmark the permalink.

23 Responses to Tim Heli Mi 17 V5 Penerbad

  1. Dano says:

    Salut..

    Ditunggu, informasi dari alutsista lainna. Apakah ada rencana TNI AD untuk membentuk kompi mobud (seperti kesatuan ARMY di perang Vietnam).

  2. Yudha says:

    Selamat !!!
    Akhirnya PENERBAD dapet peralatan baru lagi🙂

    Dan yang surprise, ada penerbangnya yang mau berbagi informasi dan ilmu

    Salut !!!

  3. Dwi Sulistyanto says:

    Alhamdulillah, akhirnya kita punya juga Mi-17. Untuk mas Agung ( boleh kan saya panggil dengan mas Agung ? ), saya senang ada anggota TNI yang mau untuk membuat blog seperti ini. Saya akan jadikan blog ini sebagai blog favorit yang jadi daftar kunjungan setiap hari.
    Tetap untuk senantiasa meng-update berita2 terkini dari TNI ( tentu saja sampai batas tertentu, karena saya tidak ingin apa yg seharusnya jadi rahasia ).

  4. fache says:

    wah kebetulan nih, selamat dulu buat penerbad, thanks a lot informasinya, sangat informatif kita-kita yang haus akan berita dirgantara,

    nah sehubungan dengan tema kebangkitan bangsa, Telkom ada lomba blogger tuh di http://scc.telkomspeedy.com/news.php

    saya kira blog ini sangat memenuhi syarat, yaitu membangkitkan sayap di TNI-AD dengan armada yang lebih baru…!

    sekian,
    Bravo

  5. dicky hertanto says:

    semoga dengan penambahan alutsista yang baru akan menambah kinerja Penerbad

  6. kabei says:

    alo bro sundoro agung salam kenal🙂
    sebagai sesama “pengamat” perkembangan militer tanah air🙂

  7. kabei says:

    akabri tahun 99 klo gitu sekarang sudah berpangkat kapten ya bang?
    adik ane juga dari akmil kok🙂

  8. Achmad says:

    semoga sesuai dengan harapan

  9. TeEr says:

    Bravo TNI…..!!!!!!

  10. brillyan syah says:

    Bagus untuk melengkapi TNI punya, tetapi bagaimana dengan perawatannya, Bang?misal PI-nya?pasti engineer dari TNI sudah dibekali juga ya.
    Tinggal nunggu Chinook-nya datang ke Indon.
    Sip.

  11. hatrira says:

    Alhamdulilah… alangkah bae’nya smua heli jaman dulu “jadul” apalagi jaman perang vietnam sampai sekarang masih dipakai bisa dijadikan kenangan yang indah dan mengharukan yah kalo sparepart masih kalo ga gmana uuhhh seperti nae motor tua az nich dan banyak2 doa gtu wah bisa deg2n tyus…bukanya begityu..hhehehe.. Tetapi sekarang dah dperhatikan dari atasan tuh.. alhamdulilah dengan adanya pesawat heli “MI 17 V5” MAKKK..NEWS.. jadi bisa tenang..Good luck my Brother..met berjuang demi bangsa dan negara…

  12. masbagus says:

    Salam Kenal Dari Saya Mas Bagus (http://masbagus.wordpress.com/) Mohon ijin ambil Gambar Tim Penerbat TNI-AD yang ditugaskan di rusia, sebelumnya terima kasih

  13. ragil bactiar says:

    Akhirnya datang juga Mi-17 V5 bagi Penerbad,dengan datangnya heli ini smoga Penrbad makin Jaya.

    Bravo Puspenerbad

  14. Zulfikar says:

    wah mantap bang …. saya jadi bisa ada info masukan ttg mi 17 , soalnya di belanda ada yang nanya ttg mi 17 . ijin terima kasih bang !

  15. addy says:

    MaJu tErUs iNdOnEsIaKu………
    JaNgaN kALah Ma nEgAra TeTaNggA !!!!

  16. DARU says:

    Bravo TNI. Salam dari Kantor Imigrasi Jakarta Utara ya Mas Agung.

  17. benny antares says:

    Mau nanyak nih…………………bervet Penerbang TNI AD kayak apa ya???????

    gambar / fotonya????

  18. benny antares says:

    Gambar or fotonya brevet Penerbad?????

  19. ira says:

    Bravo Penerbad! Teruslah jadi yang terbaik!

  20. budi_pangestu says:

    salam keman mas agung senang bisa mengamati penerbad kembali. saya budi, putra seorang pilot B0 105 penrbad tahun 80an. (letkol Surono Hadi, alm) ditunggu berita menarik lainnya. salam buat om agus sulaksono ( dandron 31 ya?). bravo penerbad

  21. wishnu says:

    Wira Amur Pak Sukses slalu….

  22. serasan mayor dua tarura says:

    mohon ijin bg,,,,, saya butuh info lebih banyak ttg corp penerbanag,,,,,

    masalah sumber personil
    -diksarcab
    -penempatan
    -pemekaran

    mohon inform nya bg….

  23. Sheikh says:

    Gimana soal latihan Simulator buat pilot dan flight engineer? Dimanakah latihan tersebut di laksanakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s