Majunya Kesatuan Tergantung Personel


  Pusat Penerbangan Angkatan Darat yang lebih dikenal dengan nama Penerbad merupakan bagian dari TNI Angkatan Darat yang bertugas pokok melaksanakan fungsi penerbangan. Diresmikan pertama kali pada tanggal 14 Nopember 1957. Dan dijadikan sebagai korps tersendiri pada tanggal 22 Maret 2007 (http://www.tniad.mil.id/news.php?id=587). Dengan menyandang korps yang baru dibahu masing-masing perwira ini bukan menjadikan tugas semakin ringan tetapi justru sebaliknya, tugas dan tantangan yang akan dihadapi akan semakin menjadi kompleks.

  Sebagai satuan lama yang dikembangkan, tentu saja sudah banyak pengalaman dan sejarah yang dialami dan diharapkan seluruh pengalaman tersebut bisa menjadi dasar dalam pengembangan satuan ini menjadi korps baru yaitu Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad). Sesuai dengan Rencana Pengembangan Kekuatan Penerbad, akan dibangun kesatuan penerbad yang membawahi 2 grup serta skadron pendukung dan juga pangkalan-pangkalan udara TNI AD di berbagai wilayah Indonesia. Sehubungan dengan pengembangan kesatuan tersebut akan diikuti dengan pengembangan kekuatan yang berupa alutsista serta personelnya. Saat ini saja sudah dibentuk Skadron serbu yang akan didukung oleh helikopter dari negeri beruang putih, Rusia (masih dalam pengadaan). Dan sekarang juga mulai dibentuk kesatuan baru yaitu pangkalan udara TNI AD di Waytuba. Semua kesatuan Penerbad yang baru dibentuk akan segera dilengkapi dengan alutsista yang berupa pesawat terbang secara bertahap, setiap tahun rencananya akan ada pengadaan alutsista ini.

Rekrutmen

Sebagai konsekuensi logis dari pembentukan satuan baru ini tentu saja adalah personel yang nantinya akan mengelola kesatuan ini. Saat ini personel Penerbad sangatlah terbatas, sedangkan rekrutmen personel baru sangatlah sedikit. Sehingga personel yang ada harus dibagi rata agar seluruh kesatuan bisa berjalan sesuai dengan norma organisasi. Kesatuan induk Penerbad yaitu Puspenerbad sudah menyarankan ke komando atas mengenai rekrutmen personel Penerbad, bahwa untuk melengkapi organisasi sesuai Rencana ke depan diperlukan sekitar 80an personel perwira setiap tahunnya. Betapa besar angka ini dibandingkan dengan penerimaan perwira setiap tahun TNI AD. Oleh karena itu tidak mungkin Penerbad akan menerima personel sebanyak itu setiap tahunnya, paling tidak menerima 20% dari kebutuhan tersebut. Pada proses rekrutmen Penerbad ini sangat menentukan kemajuan dan berkembangnya satuan Penerbad, karena personel-personel inilah yang nantinya akan mengelola satuan penerbad. Ibarat kita menanam padi, tanaman padi yang kita tanam tersebut adalah bibit unggul tentu saja pada saat pasca tanam pohon padi akan tahan terhadap hama dan cuaca serta kondisi sawah atau lahannya. Begitu juga saat panen akan banyak menghasilkan beras. Seperti itulah ibaratnya rekrutmen personel Penerbad, apabila personel tersebut merupakan bibit unggul maka dalam masa pengabdiannya akan tahan terhadap hambatan serta mampu menghadapi seluruh tantangan dan tugas. Dan disaat masa produktif akan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi kesatuan.

Proses menentukan hasil

Sering kita mendengar kalimat “Proses tidak penting, yang penting hasil akhir”, hal ini tidak bisa dibenarkan, karena proses yang dilaksanakan akan menentukan hasil yang diinginkan. Begitu juga dengan personel Penerbad, meskipun dengan bibit unggul dan potensi yang besar tetapi apabila selama proses pembinaan personel tidak benar, maka justru tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal justru hanya akan menjadi beban kelak dikemudian hari. Bagaimana bila bibit tidak unggul? Apabila proses pembinaan dilaksanakan dengan baik, maka meskipun bukan bibit unggul, akan tetap menghasilkan secara maksimal bahkan justru lebih bagus karena sudah ditempa oleh berbagai macam pengalaman dan kondisi. Semakin terlatih seorang personel maka akan semakin tanggap dalam menghadapi masalah dan semakin terasah pola pikirnya karena sering dihadapkan pada tugas-tugas satuan yang berat.

Kesimpulan

Semua organisasi akan sangat tergantung dari Sumber daya manusianya, karena organisasi tidak akan berjalan dan berkembang apabila personel atau SDM tidak maksimal dalam mengelolanya. Tahap pertama pemenuhan personel adalah rekrutmen, tahap berikutnya adalah proses pembinaan personel tersebut. Baru pada saat personel masa produktif, maka akan terlihat kemajuan serta perkembangan satuan yang dikelolanya. Proses pembinaan ini memegang peran sangat penting, meskipun hasilnya mungkin tidak dapat dilihat pada jangka pendek, tetapi pada jangka panjang akan terlihat hasil yang maksimal. Sehingga kemajuan kesatuan tergantung personel dan kemajuan personel tergantung pembinaan personel oleh satuan.

 

About sundoroagung

nothing
This entry was posted in organisasi. Bookmark the permalink.

3 Responses to Majunya Kesatuan Tergantung Personel

  1. Abang Ronny.s says:

    Setuujuu…sun mudah2an PENERBAD tambah maju setelah ada pemikiran2 seperti kamu,mudah2an banyak personil kita yg punya pemikiran kedepan yng dapat membangun Korpsnya.”WIRA AMUR TETAP JAYA”

  2. TRIS says:

    Sebagai orang yang pernah jadi keluarga Penerbad, saya bangga dengan hadirnya Mi-17 kemarin. Dengan hadirnya mereka akan menambah kuat pertahanan negara kita. Kita punya semangat, punya keberanian. Tetapi jika tidak didukung oleh ALUTSISTA yang mumpuni tidak akan bisa mencapai tugas yang maksimal. Besar harapan saya buat PENERBAD untuk tampil jadi benteng negara yang kuat. Kepada teman-teman, seiring dengan berkembangnya PENERBAD kita, mari kita kuasai dan pelihara ALUTSISTA yang sudah ada, sehingga tugas WIRA AMUR akan sempurna dilaksanakan demi martabat Bangsa dan Negara. WIRA AMUR JAYA!!!(dr.TRIS)

  3. nana0507 says:

    terima kasih abangku atas masukannya..,moga kedepan penerbad berubah dan makin profesional..,ijin hrsnya kita berdayakan kom seperti ini bang.agar info dan masukan thd anggota dapat cepat tersampaikan..,wira amur dan sukses disurabaya bang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s